Ini 4 Manfaat Pakai URL Shortener yang Perlu Kamu Tahu

Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.
Sumber : Medium | Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.

 

Menggunakan URL shortener dapat membantu kamu dalam banyak hal. Salah satunya dapat membuat alamat situs web yang panjang bisa dikurangi menjadi hanya beberapa karakter dalam satu klik tombol.

 

Penyingkat tautan sendiri bisa dipakai oleh siapa saja, mulai dari pengelola media sosial, pemilik usaha kecil, hingga content creator TikTok.

 

Sederhananya, penyingkat tautan menjadi komponen atau tools yang sangat penting dan harus ada dalam peranti sosial media. Mengapa? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan ini!

 

Apa Itu URL Shortener?

Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.
Source : Github | Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.

 

Jika diartikan secara umum, URL shortener atau penyingkat URL merupakan sebuah tools yang membuat suatu URL yang sebelumnya panjang menjadi lebih pendek dan unik.

 

Tujuannya sama, yaitu mengarahkan kembali para pengguna ke situs website tertentu yang kamu pilih.

 

Mudahnya, tools ini akan memperpendek link dan membuatnya jadi lebih sederhana. URL baru sebuah website yang lebih pendek biasanya akan menyertakan alamat situs pemendek yang digunakan, ditambah dengan kombinasi huruf yang pengaturannya ditampilkan secara acak.

 

Contoh sederhananya bisa kamu perhatikan pada URL berikut ini. Misalnya, kamu menuliskan sebuah URL website, semuatentanghewan.com/tips-and-triks/tips-kucing/tips-mengobati-kucing-yang-terkena-luka-karena-infeksi-jamur.

 

Lantas, kamu memasukkan URL tersebut ke salah satu tools shortener URL gratis, sebut saja ShortURL. Hasilnya adalah shorturl.at/dHMR.

 

Tautan kamu yang sebelumnya sangat panjang menjadi lebih singkat. Bahkan, hanya tersisa beberapa karakter.

 

Lebih canggihnya lagi, dalam beberapa kasus, kamu juga dapat menyesuaikan URL pendek tersebut dengan menggunakan frase khusus atau disebut custom link.

 

Bagaimana Cara Kerja URL Shortener?

Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.
Sumber : Hover

 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tools URL shortener bekerja dengan membuat penyingkatan pada URL yang panjang menjadi lebih pendek.

 

Ketika kamu memasukkan alamat URL ke browser internet, kamu akan mengirimkan pengalihan HTTP ke server website untuk membuka situs website tertentu.

 

Nah, alamat URL baik itu panjang maupun pendek menjadi titik awal yang berbeda bagi browser internet, tetapi mengarah untuk mendapatkan tujuan yang sama.

 

Terdapat beberapa jenis kode respons HTTP pengalihan yang berbeda. Namun, sebaiknya kamu memilih kode respons yang menggunakan pengalihan permanen 301.

 

Sebab, kode lainnya bukan tidak mungkin dapat merusak peringkat SEO website kamu.

 

Manfaat Pakai URL Shortener

Apa itu URL Shortener? Bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat menggunakan URL Shortener? Temukan info selengkapnya di artikel ini.
Sumber : Gadgetsbeat

 

Selain bermanfaat dalam proses perpendek link, menggunakan URL shortener untuk membagikan tautan ke platform lain pastinya memiliki banyak manfaat.

 

Berikut beberapa di antaranya:

1.     Mengurangi Kecurigaan Pengguna saat Memakai Link yang Panjang

Kalau kamu menautkan ke halaman tertentu yang bisa jadi sangat jauh di situs website atau menggunakan parameter UTM untuk melacak pengunjung, kamu mungkin akan berhadapan dengan  URL yang panjang.

 

Alamat URL yang terlalu panjang akan terlihat melelahkan di mana pun kamu memakainya, entah itu pada posting-an di media sosial, membaginya melalui pesan teks di WhatsApp, atau menautkannya pada email.

 

Selain itu, alamat URL yang terlalu panjang juga terlihat sangat mencurigakan.

 

Dengan begitu banyak huruf dan garis miring serta angka dan tanda tanya, apa pun bisa terjadi saat kamu mengeklik tautan itu, misalnya ternyata tautan tersebut adalah bentuk aktivitas phising.

 

Oleh sebab itu, URL yang singkat akan terlihat rapi dan lebih aman.

 

2.     Memungkinkan Kamu Memberi Merek Tautan

Kalau membangun brand adalah bagian dari strategi media sosial kamu, menggunakan penyingkat URL bisa jadi opsi tepat untuk memaksimalkan strategi tersebut, lho!

 

Sebab, tools ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tautan pendek sekaligus menawarkan kesempatan untuk memakai brand sendiri.

 

Terlebih kalau kamu menggunakan layanan hosting web gratis atau memiliki ISP yang kurang menarik, adanya penyingkat URL menjadi cara untuk menjaga merek tetap dapat terlihat jelas setiap kali kamu membagikan tautan.

 

3.     URL Shortener Membantu Melacak Performa

Sebagian besar URL shortener menawarkan metriks analisis dan pelacakan.

 

Ini termasuk informasi tentang siapa yang mengeklik tautan, di mana, dan kapan. Jelas informasi tersebut akan membantu kamu menghitung ROI kampanye.

 

Guna melacak lalu lintas website dengan mudah, persingkat link menggunakan parameter UTM yang berbeda. Lalu, gabungkan dengan tools analitik lainnya, misalnya Google Analytics.

 

4.     Memaksimalkan Batas Karakter di Media Sosial

Twitter memiliki batas karakter ketat, yaitu 280. Jadi, menjaga agar posting-an tetap ringkas adalah kuncinya.

 

URL yang dipersingkat akan memberikan lebih banyak ruang untuk diisi dengan kalimat atau diskusi lain.

 

Selain itu, kamu juga bebas menambahkan banyak emoji atau tanda baca pada posting-an.

 

Bahkan untuk posting-an di Facebook atau Instagram, di mana batas karakternya mencapai ribuan, menyingkat URL tetap saja lebih baik dibandingkan menggunakan URL yang panjang.

 

Sebab, tampilan posting-an kamu pastinya jadi lebih ringan, rapi, dan menarik.

 

Manfaat lain dari menggunakan URL shortener untuk menyingkat tautan menjadi lebih pendek dapat terasa saat kamu menggunakannya pada email.

 

Pasalnya, tautan yang lebih panjang bukan tidak mungkin jadi lebih sulit dibaca, atau terganggu oleh jeda baris.

 

Nah, kamu bisa memakai Vybes.id untuk menyingkat URL atau membuat tautan kustom sesuai keinginan. Yuk, daftar sekarang, gratis, lho!

Vybes | ONE LINK TO EMPOWER YOU

Jadi versi terbaik kamu dengan link in bio yang dapat kamu atur sesukamu dan berbagai cara untuk menghasilkan uang

Follow Us

Artikel Lainnya

Join di Komunitas Vybes Yuk!  

*ada banyak promo dan Informasi menarik Lho!

id_IDIndonesian