8 Tips Endorse Selebgram untuk Tingkatkan Penjualan Produk

Sumber : Envato

Media sosial seperti Instagram sangat membantu pemilik bisnis untuk mengoptimalkan pemasaran produknya. Bukan hanya dengan promosi lewat akun brand sendiri, tetapi juga memanfaatkan jasa selebgram atau influencer di Instagram yang memiliki banyak followers.

Selebgram atau disebut juga key opinion leader memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian secara online. Lewat konten endorsement yang diunggah di akun Instagram KOL influencer ini, brand jadi lebih dikenal dan peluang penjualan makin besar. 

Supaya strategi marketing ini kian efektif, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan pemilik bisnis saat endorse selebgram. Yuk, simak di sini informasinya!

Sumber : Envato

  1. Tentukan Bujet Promosi

Sebagai pemilik bisnis, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan bujet yang bisa dipakai untuk promosi lewat media sosial. Dikutip dari dailysocial.id, Perhitungan biaya promosi dapat menggunakan beberapa pendekatan, yaitu marginal approach, breakdown method, dan build up method. Kamu bisa memilih salah satunya.

Dengan menentukan dan mempersiapkan bujet lebih dahulu, kamu tidak perlu khawatir pengeluaran akan membengkak. Selain itu, kegiatan promosi melalui media sosial, termasuk untuk endorse selebgram, dapat berjalan dengan lebih efektif. 

  1. Tentukan Bentuk Benefit

Langkah selanjutnya adalah menentukan benefit yang bisa diperoleh selebgram dari aktivitas endorse tersebut. Brand bisa memberikan kompensasi berupa produk yang di-endorse, sejumlah uang sesuai rate card selebgram, atau bentuk lainnya yang disepakati bersama.

Sebelumnya, pemilik bisnis juga perlu mengetahui rata-rata biaya untuk menyewa jasa selebgram. Mereka yang memiliki followers banyak biasanya mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan selebgram dengan followers sedikit. Setelah mengetahui hal ini, pemilik bisnis dapat menyesuaikannya dengan bujet yang dimiliki.

  1. Pilih Selebgram Sesuai Pasar

Langkah selanjutnya adalah memilih selebgram yang tepat untuk kebutuhan promosi produk. Ada berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan, termasuk kemampuan selebgram dalam menerjemahkan pesan dari brand menjadi konten yang menarik dan menggugah.

Selain itu, pemilik bisnis juga perlu memilih selebgram yang sesuai niche produk. Untuk bisnis kuliner, food influencer lebih sesuai. Untuk bisnis hotel atau transportasi, travel influencer lebih cocok. Hal ini untuk memastikan audiens yang melihat konten endorse tersebut sudah tepat. 

  1. Tentukan Jenis Konten yang Diinginkan

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis adalah menentukan jenis konten yang diinginkan dari selebgram. Ada bentuk promosi yang bersifat soft selling, ada pula yang bersifat hard selling. Konten promosi soft selling membutuhkan kreativitas sehingga audiens tertarik dengan pesan yang disampaikan. Sementara itu, konten hard selling harus detail.

Sebelum memilih selebgram yang tepat, pemilik bisnis dapat melakukan riset terlebih dahulu mengenai model endorsement yang sering dilakukan. Dengan memahami ciri khas setiap selebgram dan memanfaatkannya, konten endorsement pasti lebih menggugah.

  1. Buat Kesepakatan yang Jelas

Pemilik bisnis perlu membuat kesepakatan yang jelas dengan selebgram pilihan agar kerjasama bisa dijalankan. Kesepakatan tersebut antara lain terkait key perfomance indicator (KPI), target dan goals yang diharapkan dari kampanye, durasi kontrak, kejelasan material content, dan sebagainya.

Dalam kesepakatan itu juga harus ada kejelasan mengenai fee yang akan didapatkan oleh selebgram, waktu dan metode pembayaran, serta ketentuan lain seandainya konten yang dibuat tidak sesuai ekspektasi.

  1. Persiapkan Brief Produk

Setelah kedua pihak menyepakati hak dan kewajiban masing-masing, pemilik bisnis membuat brief produk. Dalam brief ini tercantum hal-hal yang harus dilakukan oleh selebgram dalam rangka endorsement. 

Sebagai contoh, selebgram wajib mention brand yang diendorse, membuat story IG dengan jumlah tertentu, dan sebagainya. Brief ini merupakan panduan bagi selebgram untuk melakukan endorsement seperti keinginan pemilik bisnis.

  1. Pantau Efektivitas Endorse

Setelah review produk tampil di akun selebgram, pemilik bisnis tidak lantas tenang-tenang saja. Langkah selanjutnya adalah memantau perkembangan engagement terhadap konten tersebut. Berapa jumlah like, comment, atau view dari audiens? 

Data ini menunjukkan efektivitas endorsement dari selebgram yang bersangkutan. Semakin besar engagement yang terjadi, strategi marketing itu bisa dikatakan berhasil. Meskipun tidak menghasilkan penjualan secara langsung, taktik endorsement bisa memengaruhi brand awareness.

  1. Persiapkan Produk Berkualitas dan Stok Produk

Strategi endorsement bisa berdampak pada tingginya permintaan. Karena itu, pemilik bisnis wajib mempersiapkan stok produk yang memadai. Kualitas produk juga harus tetap dijaga supaya calon pembeli tidak kecewa dan justru berdampak negatif terhadap bisnis. 

Bukan hanya stok produk dan produk yang berkualitas, sistem penjualan juga perlu dibuat seefisien mungkin. Dengan demikian, calon pembeli tidak kesulitan untuk mendapatkan produk yang diinginkannya.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis saat endorse selebgram. Jika mengikuti langkah-langkah ini, endorsement dapat berdampak optimal terhadap penjualan.

Khusus bagi pengguna Instagram yang berprofesi sebagai selebgram, kamu bisa meraih perhatian brand dengan menata tampilan profil dan feed. Pasang link dengan desain yang unik di beranda Instagram. Caranya dengan mendaftar secara gratis di Vybes.id. Selamat mencoba!