Buat Bio Link di Instagram Lebih Mudah, Begini Caranya

Instagram menjadi platform media sosial yang masih sangat populer akhir-akhir ini. Kalau dahulu kamu hanya bisa berbagi foto, sekarang kamu bisa melakukan banyak hal dengan fitur tambahan yang ada. Salah satunya adalah mempromosikan bisnis yang kamu punya.

Sebagai penghubung dengan penjual, biasanya pelanggan akan menggunakan kolom komentar atau pesan langsung untuk bertanya. Namun, sekarang kamu juga bisa mengarahkan pelanggan ke berbagai platform lainnya, seperti WhatsApp atau situs belanja online cukup dengan menambahkan bio link pada bagian profil akun Instagram kamu. 

Tujuan Menambah Bio Link di Instagram

Sumber : Kompas

Menambahkan tautan pada bio dapat membantu memudahkan para pelanggan dalam menemukan atau membeli produk. Selain itu, pelanggan juga tidak kesulitan menemukan nomor penjual. Sebaliknya, penjual menggunakan bio link Instagram untuk memudahkan mereka mempromosikan produk.

Namun sayangnya, Instagram hanya mengizinkan untuk menambah satu link pada bio untuk akun dengan follower sedikit. Berbeda dengan pemilik akun yang sudah punya lebih dari 10 ribu pengikut. Mereka bahkan bisa menggunakan fitur bagikan link pada Instagram Story. Meski begitu, fitur bio link ini tetap sangat membantu pebisnis yang menggunakan media sosial untuk mengenalkan produk pada calon pelanggan. 

Cara Menambah Bio Link di Instagram

Sumber : Kang Masian

Meski hanya dapat menambahkan satu link pada bio, kamu tetap bisa mengoptimalkan pemakaian tautan tersebut. Nah, kalau tertarik ingin menambah tautan di bio, berikut beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk membuatnya. 

  1. Linktree

Melalui tools ini, kamu dapat membuat sebuah link yang bisa terkoneksi dengan link lainnya tanpa harus membayar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Gunakan browser untuk mengakses situs Linktree.
  • Selanjutnya, masuk ke akun Instagram kamu. Caranya cukup klik pada bagian “Daftar dengan Instagram”.
  • Saat kamu sudah berhasil login dengan menggunakan akun Instagram, kamu bisa mulai menambahkan tautan dengan klik menu “+Tambahkan Tautan”. Kamu bebas memasukkan tautan melalui tools ini.
  • Salin link yang ada di ujung bagian kanan. Lalu, tempelkan pada deskripsi bio yang ada di profil Instagram kamu.

Namun, Linktree tidak mempunyai tombol “Kontak” dan Sosial Media, kecuali kamu menggunakan bio link tool ini secara premium. Versi ini juga menawarkan banyak pilihan tema yang menarik.

  1. Campsite.bio

Tools menambah bio link berikutnya yang bisa kamu pakai adalah Campsite.bio. Tools ini punya fungsi serupa dengan Linktree, hanya saja fitur yang ditawarkan sedikit lebih beragam. Beberapa fitur yang hanya bisa didapat pada Linktree premium bisa kamu gunakan dengan tools ini secara gratis. Langsung saja, begini cara membuatnya: 

  • Akses situs Campsite.bio dengan browser.
  • Kamu bisa registrasi atau login dengan menggunakan akun Instagram.
  • Lalu, masuk ke bagian Dashboard dan pilih menu Tautan atau “Links”.
  • Pilih “Tambah Tautan Baru” kalau hendak menambah link untuk promosi produk.
  • Beri nama tautan yang kamu buat dan isikan pula tautan dari produk yang ingin kamu promosikan. Bagian ini cukup salin dan tempel saja. 
  • Klik menu Thumbnail Gambar kalau kamu mau menambah gambar. Selanjutnya, klik menu “Enable”.

Selanjutnya, kamu bisa melihat tampilan awal hasil tautan pada sisi kanan. Ulangi mulai dari poin nomor tiga kalau kamu mau menambahkan tautan lainnya. Jika sudah selesai, kamu bisa salin tautan dan tempel pada deskripsi bio di Instagram. 

  1. Tapbio

Tapbio mengeklaim diri sebagai pilihan tools membuat bio link yang paling pas untuk pemasaran digital. Tampilannya memang sangat menarik, belum lagi konsep kartu yang diterapkan. Masing-masing kartu yang mirip story ini bisa diisi dengan kumpulan tautan yang berbeda. Caranya? 

  • Akses situs Tapbio dan geser kartu sampai kamu menemukan halaman untuk mendaftar atau masuk. Gunakan email untuk mendaftar.
  • Kamu akan masuk ke halaman baru untuk menambah berbagai informasi, mulai dari nama dan logo sampai tautan ke sosial media.
  • Pilih tombol “Publish”.
  1. Shorby

Ada pula Shorby yang membuat pengguna Instagram lebih mudah mengakses platform lain yang kamu punya cukup dengan satu tautan. Tampilannya juga cukup menarik dan bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Caranya: 

  • Akses Shorby dan daftar dengan email.
  • Kamu akan diberikan halaman baru untuk menambah nama dan logo, tautan yang mengarah ke bagian video, GIF, atau akun sosial media lain yang kamu punya. 
  • Pilih menu “Publish”.

Lalu, kamu dapat menentukan tema dari SmartPage. Fitur ini akan membantu menganalisis tautan mana yang paling sering diklik oleh pengguna lain.

  1. ContactInBio

Terakhir ada ContactInBio yang menawarkan fitur formulir kontak buat pengunjung. Kamu juga dapat menambah tautan untuk pembayaran sampai lebih dari 40 situs, lho! Cara membuatnya seperti berikut.

  • Setelah mengakses halaman tools, kamu bisa ulir ke bawah dan memilih pendaftaran secara gratis.
  • Lalu, ikuti saja panduan pemakaian dan pembuatan link pada halaman tersebut.

Setelah semua langkah selesai diikuti, kamu sudah bisa menggunakan tautan di bio Instagram. 
Selain dari banyak tools di atas, kamu juga bisa memakai Vybes.id untuk membuat bio link. Daftar sekarang, yuk, gratis!

[mc4wp_form id="733"]