Cara Membuat Link Bio di Instagram untuk Tingkatkan Traffic

Saat ini, media sosial tidak hanya dipakai untuk hal-hal yang sifatnya personal. Banyak individu maupun bisnis yang memanfaatkan media sosial termasuk Instagram untuk tujuan marketing dan branding. Jika kamu baru memulai, penting untuk memerhatikan bagaimana kamu memanfaatkan link bio atau url bio Instagram.

Apa yang dimaksud dengan link bio Instagram?

Bagaimana cara membuat link bio Instagram agar traffic kunjungan ke akun Instagram kamu makin meningkat?

Apa saja manfaat menggunakan link bio baik untuk branding maupun jualan di Instagram

Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Link Bio di Instagram?

Sumber : Wahine Media

Link bio atau tautan di bio adalah istilah yang merujuk pada semua jenis tautan yang bisa di-klik yang disematkan pada bagian bio di profil Instagram kamu.

Instagram memungkinkan semua jenis pengguna untuk memanfaatkan fitur ini. Tidak hanya akun pribadi, namun akun bisnis/presional dan kreator juga bisa memanfaatkan link bio gratis untuk meningkatkan traffic ke website yang di-embbed/disertakan.

Tautan yang disertakan pada bio ini akan mengarahkan visitor profile IG kamu ke suatu website di luar aplikasi Instagram. Contoh, kamu bisa menambahkan link ke channel youtube-mu atau ke halaman olshop-mu.

Langkah-langkah Membuat Link Bio

Sumber : Oleo Shop

Ada 4 langkah mudah cara membuat link bio Instagram dapat kamu lakukan. Simak langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka profil Instagram-mu dan pilih “Edit Profile” pada bagian bawah bio kamu. Kamu bisa menemukan profil di bagian ujung kanan bawah halaman beranda. 

Setelah kamu berada di halaman profil, pilih tombol “Edit Profile”. Tombol ini berbentuk seperti kolom yang memanjang tepat di bawah bio-mu

  • Temukan “Website” di bagian “Edit Profile”
  • Masukkan situs atau url yang ingin disertakan pada kotak atau bidang kosong yang tersedia. Kamu bisa mengetik alamat situs secara manual, bisa juga dengan menyalin dan menempelkan tautan dari sumber yang lain.

Pastikan kamu tidak salah memasukkan link agar orang bisa membukanya. Meski tidak ada batasan jumlah karakter, Instagram hanya memungkinkan pengguna memasukkan satu link saja.

  • Pilih “Next” kemudian pilih “Done”. Setelah kamu memasukkan url, pilih “Next” yang ada di sudut kanan bawah keyboard. 

Edit pada bagian detail lain yang ada pada profil kamu, kemudian pilih tombol biru “Done” di sudut kanan atas layar. Langkah ini akan menyimpan perubahan yang kamu buat sehingga tautan yang dimasukkan akan muncul pada halaman profil kamu.

Lalu, bagaimana kalau kamu ingin memasukkan banyak link sekaligus? Misalnya saja, link ke chat WhatsApp Business, akun marketplace A, B, dan lain sebagainya? Kamu tetap bisa melakukannya dengan menggunakan link aggregator atau link in bio tool.

Seperti namanya, link aggregator memungkinkan kamu untuk mem-bundling atau menyatukan beberapa link menjadi satu. Nantinya, satu link tersebut akan menjadi Link Bio IG yang mengarahkan pengguna ke konten atau halaman yang mereka butuhkan.

Manfaat Menggunakan Link Bio Instagram

Sumber : Kompas

Mempertahankan online presence di media sosial sangat penting. Terlebih jika kamu memanfaatkannya lebih dari sekadar diari aktivitas sehari-hari.

Bagi para pebisnis, link bio dapat membantu mereka untuk meningkatkan traffic ke situs mereka atau halaman konten lain yang dapat memberi mereka keuntungan.

Banyak orang menggunakan profil Instagram untuk mempromosikan brand, produk, layanan, penjualan, atau event khusus yang mereka miliki dengan menyertakan link bio di profil mereka.

Adanya link bio lebih memudahkan audiens kamu untuk menemukan tanpa perlu mencari konten sendiri. 

Adanya tautan memungkinkan audiens dan followers kamu untuk melihat lebih banyak konten, melakukan percakapan lebih jauh dengan brand kamu lewat platform lain, melakukan pembelian dan berbagai tujuan lain yang kamu anggap sebagai goals atau conversion.

Beberapa contoh konten atau halaman yang bisa kamu sematkan sebagai link bio antara lain:

  • Produk best seller dari brand yang kamu jual
  • Membuat promosi penawaran produk baru
  • Tautan ke halaman giveaway atau kontes
  • Tautan berisi “About” untuk memberitahu followers kamu lebih jauh tentang bisnismu
  • Membagikan konten terbaru baik itu vlog atau podcast
  • Mengarahkan pelanggan ke halaman pembelian atau kanal media sosial lainnya.

Itu dia cara membuat link bio di Instagram dan beragam manfaatnya.
Ingin menggunakan link sebagai representasi branding perusahaan maupun personal dengan kustomisasi dan monetisasi tak terbatas? Vybes.id adalah jawabannya. Daftar sekarang juga, gratis!

[mc4wp_form id="733"]