Cara Membuat Link Instagram untuk Dibagikan ke Platform Lain

Sumber : Envato

Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler di dunia saat ini. Per tahun 2021, ada setidaknya 2 miliar pengguna aktif Instagram di berbagai belahan dunia. 

Dengan beragam fitur yang ditawarkan, kamu bisa menggunakan Instagram untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari diary kehidupan pribadi sampai hal-hal yang sifatnya personal branding hingga marketing bisnis. 

Agar orang bisa mengetahui akun Instagram-mu, selain dengan username, kamu bisa menggunakan link yang dibagikan di berbagai platform lain, baik itu media sosial lain atau situs seperti blog dan marketplace. 

Lalu, bagaimana cara membuat link Instagram? Bagaimana cara share link Instagram? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Sumber : Liputan 6

Cara Membuat Link Instagram Akun Milik Sendiri

Bagi kamu yang memiliki bisnis, membagikan link akun Instagram milikmu akan memudahkan konsumen atau calon pelanggan untuk menghubungimu. Link profil Instagram ini bisa kamu tautkan dengan e-commerce seperti Lazada atau Shopee, bahkan menampilkan produk yang akan dijual.

Sampai saat ini, Instagram belum menyediakan fitur langsung yang memungkinkan pengguna membagikan link akun milik mereka sendiri. Karena itu, kamu harus menggunakan sedikit trik untuk melakukannya, yakni dengan memanfaatkan browser eksternal. 

Cara buat link IG sendiri cukup mudah, yakni:

  • Buka browser (kamu bisa membuka lewat ponsel, tetapi lebih direkomendasikan lewat PC atau laptop).
  • Selanjutnya, buka instagram.com.
  • Pada bagian halaman login, masuk dengan menggunakan password dan username milikmu.
  • Begitu berhasil masuk, kamu akan menemukan halaman feed atau beranda. Selanjutnya, klik profil untuk melihat halaman profilmu. Pada bagian atas browser, ada alamat url yang dapat di-copy. Selanjutnya, pilih “Salin URL” dan url tersebut siap dibagikan ke platform yang kamu inginkan.

Kalau cara membagikan link IG di atas kamu rasa terlalu rumit, ada cara yang lebih cepat untuk melakukannya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengetik www.instagram.com, kemudian diikuti dengan tanda “/” lalu ketikkan username kamu. Misalnya saja, username kamu adalah @rajarimba, maka link Instagram-mu adalah www.instagram.com/rajarimba

Cara Membuat Link Instagram Akun Milik Orang Lain

Selain akun sendiri, kadang kita juga membutuhkan akun orang lain—baik itu untuk dipromosikan atau untuk berbagai kebutuhan lain. Cara copy link Instagram milik orang lain sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara share link Instagram milikmu sendiri.

Setelah login dengan menggunakan browser, kunjungi akun yang ingin kamu salin link-nya. Setelah muncul, copy url yang tertera di bagian atas browser dan link siap dibagikan. 

Kalau kamu tahu username-nya, kamu juga bisa menggunakan cara cepat di atas, yakni dengan mengetikkan alamat www.instagram.com diikuti dengan tanda “/” dan username yang ingin kamu salin link-nya.

Cara Membuat Link Instagram Feed

Selain profil, berbagai konten yang diposting di feed Instagram juga bisa kamu bagikan kembali lewat berbagai platform, mulai dari konten berupa video maupun foto. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi maupun dengan browser.

Untuk membuat link foto atau video dari postingan Instagram baik akun kamu sendiri maupun akun orang lain lewat aplikasi:

  • Buka aplikasi Instagram yang ada di ponsel kamu. Jangan lupa login dengan memasukkan username dan password.
  • Setelah masuk, temukan postingan yang ingin kamu bagikan. Temukan 3 titik di kanan atas postingan. Selanjutnya, kamu akan menemukan opsi “Link”. 

Dengan memilih opsi tersebut, secara otomatis, link postingan akan ter-copy dan kamu bisa mem-paste-kannya ke kolom atau halaman yang diinginkan. Cara ini bisa digunakan untuk foto maupun reels/video.

Jika kamu menggunakan browser, cara membuat link postingan mirip dengan cara membuat link profil Instagram. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Buka www.instagram.com, login dengan akunmu.
  • Setelah login sukses, temukan postingan yang ingin kamu buat link-nya.
  • Buka postingan tersebut di tab baru, kemudian salin tautan url yang ada di kolom tautan browser tersebut.

Cara Memasukkan Link ke Instagram Story

Story merupakan opsi yang bagus untuk membagikan link, baik itu link postingan dari akunmu, akun lain, atau bahkan link dari situs lain. Banyak para pebisnis memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Adapun cara memasukkan link ke Instagram Story adalah:

  • Login ke akun Instagram-mu.
  • Siapkan media visual yang akan kamu unggah untuk story, lengkap dengan link yang akan disertakan.
  • Klik bagian “Your Story” untuk menambahkan story baru. Pilih visual atau foto yang akan diunggah .
  • Pilih sticker tools “Link” kemudian masukkan tautan yang sudah disiapkan. Pastikan tautan sudah valid agar viewers bisa langsung mengeklik dan terarah ke halaman yang benar.

Itulah beberapa cara membuat link Instagram yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan personal maupun bisnis. Ingin optimalisasi link untuk menghasilkan cuan? Yuk, daftar di Vybes.id sekarang juga. Gratis!

[mc4wp_form id="733"]