Cara Membuat Microblog Instagram Secara Kreatif

Apa yang dimaksud dengan microblog Instagram? Bagaimana cara kreatif membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!
Sumber : Campuspedia | Microblog Instagram

Blogging platform seperti WordPress, Blogger, dan Medium bukanlah sesuatu yang baru. Namun, belakangan, ada sebuah tren yang muncul di sosial media: microblogging.

 

Nama ini digunakan untuk menyebut blog Tumbler dan berbagai metode blogging yang singkat lainnya termasuk microblog Instagram.

 

Apa yang dimaksud dengan microblog Instagram?

Apa saja contohnya dan bagaimana kamu membuatnya?

Berikut penjelasannya!

 

Apa Itu Microblog Instagram?

Microblogging sendiri adalah memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk membuat postingan blog yang singkat dan penting bagi audiens atau followers yang kamu punya.

 

Microblogging ini bisa dibilang sebagai mini website atau situs web buat IG yang memungkinkan kamu update seperti di blog—hanya saja dengan versi yang lebih singkat.

 

Kenapa banyak orang memilih Instagram? Ini karena Instagram lebih banyak digunakan orang. Selain itu, tidak semua orang suka membaca postingan yang panjang di blog.

 

Jadi, alih-alih berkunjung ke platform blogging, ada banyak orang yang lebih suka menemukan informasi baru dari Instagram.

 

Inilah yang membuat platform ini sempurna untuk tempat membuat microblog dan berbagai beragam informasi.

 

Tak hanya itu, microblog Instagram juga memungkinkan kamu untuk fokus pada topik tertentu yang sulit ditampilkan pada blog biasa.

 

Misalnya saja, blog kamu fokus pada tips marketing dan bisnis kreatif.

 

Namun, dengan menggunakan microblog di Instagram, kamu tetap bisa berbagi berbagai keseruan dan kegiatan harianmu karena itu tetap memiliki nilai tersendiri.

 

Bagaimana Cara Membuat Microblog Instagram?

Apa yang dimaksud dengan microblog Instagram? Bagaimana cara kreatif membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!
Sumber : Ekrut

Pada dasarnya, memulai microblog di Instagram tidaklah sulit.

 

Caranya kurang lebih sama dengan membuat postingan di blog. Hanya saja, di Instagram kamu dibatasi oleh karakter. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain adalah:

 

Bagikan Tips

Setiap kali kamu akan memposting sesuatu yang baru di blog, bagikan sedikit informasi atau tips yang terkait. Kamu bisa menggunakan grafik agar audiens lebih mudah memahaminya.

 

Miliki Alasan untuk Setiap Postingan yang Kamu Buat

Sama seperti ketika kamu membuat postingan di blog, kamu tentu ingin memastikan bahwa apa yang kamu posting punya tujuan dan memberi nilai tertentu pada pembaca dan followers kamu.

 

Ajarkan Sesuatu Kepada Audiens Kamu

Tergantung pada spesialisasi yang kamu punya, kamu bisa menawarkan beragam konten yang sifatnya edukasi.

 

Misalnya, resep makanan vegan, cara membuat kursi, atau cara mencampur minuman yang enak untuk dibagikan di Instagram.

 

Ini adalah visual yang sempurna untuk bahan konten. Pastikan untuk menambahkan hashtag yang tepat untuk memastikan makin banyak orang yang bisa melihatnya.

 

Contoh Microblog Instagram yang Keren dan Kreatif

Apa yang dimaksud dengan microblog Instagram? Bagaimana cara kreatif membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!
Sumber : Dani The Explorer

Adanya microblog Instagram tidak hanya memudahkan audiens menemukan konten yang sesuai dengan minat mereka.

 

Ini juga memudahkan para kreator dalam menyusun konten sehingga isi postingan Instagram tidak terkesan asal.

 

Microblog Instagram dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin menampilkan postingan blog dengan memanfaatkan tampilan visual yang dipadu dengan teks.

 

Bagi sebagian audiens, microblog semacam ini lebih nyaman untuk disimak dibanding blog atau website biasa karena tampilannya yang lebih menarik.

 

Untuk bisa membuat microblog yang keren di Instagram, kamu tidak hanya dituntut punya kemampuan menulis, tetapi juga editing dan desain.

 

Simak beberapa contoh microblog IG yang keren berikut ini!

 

@DesignRant

Akun ini kerap membagikan berbagai informasi seputar desain UI dan UX.

 

Buat kamu yang ingin terjun ke dalam dua bidang ini, kamu bisa belajar banyak hal termasuk studi kasus UI dan UX.

 

Lewat teknik belajar praktik dipadu dengan studi kasus, pengetahuanmu tentang bidang ini akan makin matang.

 

@Amjianto

Pria bernama asli Agus Mujianto ini tidak hanya berprofesi sebagai fotografer produk saja.

 

Di akun Instagram microblogging-nya, ia juga kerap membagikan cara-cara mendapatkan uang dengan menjual foto stok di situs foto stok seperti Shutterstock.

 

Tidak hanya mengajarkan tentang konsep foto, Agus Mujianto juga memberikan sejumlah tips dan trik agar foto bisa laku terjual setelah diunggah di situs foto stok.

 

@DKVDaily

Untuk kamu yang tertarik pada desain grafis dan komunikasi visual atau justru merupakan lulusan dari jurusan terkait, kamu bisa mengikuti akun microblogging satu ini.

 

Di dalamnya, dikupas tuntas tentang cara berpikir para desainer grafis, suka duka profesi ini, hingga acara kumpul-kumpul desainer grafis.

 

@VictoriaWong68

Konten kreator satu ini fokus membagikan tips mengenai konten marketing yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis maupun kreator konten lainnya.

 

Lewat microblog-nya, kamu bisa mempelajari cara membuat konten serta bagaimana caranya konsisten menghasilkan yang dengan membuat konten.

 

Mau mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan microblog Instagram dan optimalisasi link bio di akun Instagram kamu? Cek sekarang juga di Vybes.id!

Vybes | ONE LINK TO EMPOWER YOU

Jadi versi terbaik kamu dengan link in bio yang dapat kamu atur sesukamu dan berbagai cara untuk menghasilkan uang

Follow Us

Artikel Lainnya

Join di Komunitas Vybes Yuk!  

*ada banyak promo dan Informasi menarik Lho!