Gabung di Tokopedia Affiliate, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan

Beberapa waktu belakangan, bentuk bisnis promosi yang populer di kalangan creator content sedang tinggi peminat. Salah satunya adalah affiliate marketing program yang ditawarkan oleh Tokopedia atau lebih populer disebut dengan sebutan Tokopedia Affiliate. Sebenarnya, tahukah kamu kalau ini bukan menjadi model bisnis baru?

Ternyata, model bisnis satu ini telah ada sejak tahun 2010-an. Bahkan, kalau kamu pernah dengar kata makelar sebelumnya, istilah ini sebenarnya juga ada hubungannya dengan bentuk bisnis afiliasi. Hanya saja, sekarang model bisnis tersebut sudah lebih berkembang dan jauh lebih populer dengan berbagai platform, termasuk Tokopedia. 

Apa Itu Tokopedia Affiliate?

Kalau kamu masih belum familier, sebenarnya Tokopedia Affiliate adalah salah satu program untuk membantu promosi berbagai produk dari Tokopedia. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyebarkan tautan yang sebelumnya sudah dibuat melalui program tersebut ke akun sosial media yang kamu punya, baik itu Facebook, Instagram, Telegram, TikTok, sampai YouTube. 

Selanjutnya, setiap konversi atau klik yang berhasil kamu dapatkan melalui tautan tersebut bisa ditukar dengan komisi sebesar 10 persen dari harga barang. Batas komisi untuk setiap produk sendiri adalah Rp100 ribu. Sekarang, Tokopedia Affiliate Program hanya dapat memasarkan produk dari toko yang mendapatkan label official store, power merchant, dan power merchant pro

Ketahui Cara Kerja Tokopedia Affiliate

Seperti telah disebutkan sebelumnya, program ini memudahkan kamu dalam mempromosikan berbagai produk yang ada di Tokopedia dengan menyebarkan tautan ke akun media sosial. Cara mendapatkan tautan produk juga tidak sulit, kok. Sebab, kamu hanya perlu menyalin dan tempel produk yang hendak kamu bantu promosikan dengan memanfaatkan generator link pada halaman affiliate. Cara promosi affiliate Tokopedia yang mudah ini membuat banyak orang tertarik bergabung dan mencari penghasilan tambahan.

Cara Daftar Tokopedia Affiliate

Sebelum mendaftar jadi bagian dari program Tokopedia Affiliate, pastikan kamu sudah mengunduh dan install aplikasi Tokopedia di ponselmu. Lalu, registrasi pada aplikasi terlebih dahulu, baru ikuti tahapannya berikut ini. 

  • Akses aplikasi Tokopedia dan pilih Semua Kategori.
  • Lalu, kamu akan dibawa ke halaman baru dengan banyak menu. Kemudian, pilih menu Tokopedia Affiliate.
  • Halaman berikutnya menampilkan informasi terkait akun Tokopedia kamu. Apabila kamu sudah punya akun, cukup pilih opsi Daftar Sekarang. Namun, apabila kamu belum punya akun, kamu akan disarankan untuk membuat akun terlebih dahulu.
  • Lalu, isikan akun sosial media yang kamu punya. Ada pilihan Instagram, YouTube, TikTok, dan Facebook. Kalau masih ada lagi, kamu hanya perlu pilih menu Tambah Media Sosial dan pilih Selanjutnya. 
  • Berikutnya adalah halaman syarat dan ketentuan. Pastikan kamu membaca semuanya dengan teliti. Jika sudah, centang bagian yang tersedia di bawah dan lanjutkan dengan mengeklik Daftar.

Selesai! Kamu pun resmi menjadi bagian dari Tokopedia Affiliate. Nantinya, layar akan menampilkan dashboard profil kamu sebagai affiliate marketing Tokopedia. Dashboard tersebut menunjukkan informasi tentang waktu transaksi, penghasilan, jumlah klik, konversi, dan total produk terjual.

Tak hanya itu, program ini juga memungkinkan kamu untuk memasarkan barang yang sebelumnya pernah kamu beli, daftar produk yang ingin dibeli atau wishlist, atau produk yang terakhir dilihat. Pastinya ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan produk yang memang sudah kamu tahu dan pernah kamu beli. 

Cari Tahu Aturan Komisi Tokopedia Affiliate

Selain mengetahui bagaimana cara mendaftar program affiliate dari Tokopedia, kamu juga perlu tahu bagaimana aturan komisi yang berlaku dalam program Tokopedia Affiliate. Jadi, kamu hanya bisa mencairkan komisi maksimal sebanyak 5 transaksi setiap hari yang berasal dari pengguna berbeda. Bagaimana kalau kamu dapat 6 transaksi dalam satu hari? 

Artinya, satu transaksi terakhir yang kamu dapatkan tidak bisa dihitung menjadi komisi. Lalu, Tokopedia akan mengirimkan pemberitahuan langsung dari aplikasi kalau terjadi transaksi dari tautan afiliasi yang kamu sebarkan. Terakhir, kamu akan segera menerima komisi, maksimal selama 2×24 jam. 

Pastikan Verifikasi Sebelum Ambil Komisi

Meski demikian, kamu perlu memenuhi syarat lainnya supaya bisa mengambil komisi yang kamu dapatkan dari hasil promosi produk tadi. Syaratnya tidak sulit, kamu hanya wajib melakukan proses verifikasi. Langkah ini bisa kamu lakukan langsung melalui akun Tokopedia. Bagaimana caranya?

Kamu bisa masuk ke bagian Pengaturan. Lalu, pilih menu Keamanan Akun dan pilih Verifikasi Diri. Langkah berikutnya, kamu wajib melakukan pindai KTP dan verifikasi wajah. Proses verifikasi pada tahapan ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 24 jam. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba bergabung dengan program Tokopedia Affiliate? Cara mendaftarnya sangat mudah, bukan? Belum lagi dengan besarnya komisi yang bisa kamu dapatkan dengan mencoba ikut dalam program tersebut. Hitung-hitung bisa buat tambahan uang jajan di akhir bulan, ya kan?
Bahkan, kamu juga dapat memodifikasi tautan produk yang ingin dipromosikan sesuai keinginan, lho! Caranya cukup dengan daftar langsung di Vybes.id secara gratis dan langsung buat link-mu sendiri. Yuk, daftar sekarang juga!

[mc4wp_form id="733"]