Gampang! Begini Cara Custom Link Pakai Nama Sesuai Keinginan

Tautan atau link adalah URL yang bisa disebar atau dibagikan dari seseorang untuk orang lain supaya bisa mengunjungi suatu halaman website tertentu ketika mengekliknya. Link yang merupakan singkatan dari hyperlink sendiri adalah suatu objek dari HTML. Supaya lebih mudah diingat, sekarang tampilan URL dibuat dalam versi yang lebih pendek.

Menyingkat link memang sudah sering dilakukan, bahkan ini memang cukup populer saat pemakaian Google Form sedang naik daun di dunia digital. Kini, telah banyak tools yang bisa kamu pakai untuk melakukan custom link, bahkan bisa pakai nama yang sesuai dengan keinginan, lho! Yuk, langsung saja, begini cara custom link pakai nama dengan memanfaatkan tools link shortener.

Cara Custom Link dengan Bit.ly

Sumber : Youtube

Cara pertama adalah dengan menggunakan tools Bit.ly. Tools satu ini memang sudah begitu populer untuk mempersingkat URL. Melalui tools ini, kamu juga bisa melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke website melalui link yang sudah dipendekkan tadi. Begini cara membuat link sendiri dengan Bit.ly:

  • Akses situs Bit.ly. Lalu, lakukan pendaftaran secara gratis. Kamu bisa mendaftar melalui akun Facebook, Twitter, atau alamat email. Lalu, pilih “Create”. Jika memang memungkinkan, kamu bisa melakukan verifikasi akun. 
  • Klik bagian “Create Your First Link”. Lalu, salin dan tempel tautan yang ingin kamu pendekkan pada kolom navigasi yang tersedia. 
  • Bit.ly akan segera men-generate tautan tersebut dalam URL yang bisa disesuaikan. Kamu dapat melakukan modifikasi form customize back halfi dan bagian judulnya. Pastikan tidak ada spasi saat kamu menulis tautan, pakai tanda setrip atau underscore.
  • Kamu dapat mulai mengubah judul tautan sesuai dengan nama yang kamu inginkan. Lalu, tekan “Save”. Pastikan nama link kamu belum digunakan oleh orang lain. Selesai, sekarang kamu bisa coba untuk mengakses link dari Bit.ly tersebut.

Cara membuat link di bitly di atas tentu sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Custom Link dengan TinyURL

Sumber : Kompas

Selanjutnya, kamu bisa melakukan custom link dengan menggunakan TinyURL. Cara custom link dengan tools ini adalah sebagai berikut.

  • Akses halaman TinyURL dari web browser.
  • Selanjutnya, isikan URL dari website yang hendak kamu persingkat tampilannya pada kotak yang tersedia. 
  • Lalu, tekan “Make TinyURL”.
  • Link milikmu sekarang sudah jadi lebih singkat. Cara memendekkan link dengan TinyURL juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan tab custom. 

Cara Custom Link dengan S.id

Sumber : Youtube

Tools ini menawarkan tampilan halaman situs yang sangat ramah pengguna. Alhasil, kamu pun bisa melakukan custom link dengan mudah melalui alat ini. Bahkan, kamu bisa membuat link kustom di S.id tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Meski demikian, kalau kamu ingin membuat link dengan nama custom, kamu tentunya harus melakukan registrasi. 

Cara Custom Link dengan AdFly

Sumber : Marketing Online

Beberapa pengguna memanfaatkan AdFly tidak hanya untuk mempersingkat link, tetapi juga mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, kalau memakai tools ini untuk mendapatkan pemasukan ekstra, pengunjung link tidak bisa langsung masuk ke halaman yang dipilih. Mereka akan diarahkan untuk melihat berbagai iklan terlebih dahulu. Adapun cara custom link menggunakan AdFly bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Akses AdFly dan lakukan registrasi. Kamu akan diminta untuk verifikasi akun seperti halnya ketika melakukan pendaftaran di Bit.ly.
  • Setelahnya, kamu bisa masuk kembali dan menuju ke halaman utama. Pada bagian ini, kamu dapat memasukkan URL milikmu untuk dipersingkat dengan mengikuti beberapa tahap pengaturan. 
  • Pada tahapan ini, kamu juga dapat memilih untuk menggunakan AdFly sebagai tools untuk mendapatkan pemasukan tambahan atau tidak. 
  • Selanjutnya, lakukan kustomisasi pada URL yang sudah kamu masukkan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan. 
  • AdFly akan membuat tampilan link milikmu menjadi lebih singkat dalam sekejap. Kamu pun sudah dapat memakai dan membagi link tersebut langsung pada akun media sosial atau menyimpan link di bio. 

Cara Custom Link dengan Ow.Ly

Sumber : Software Suggest

Ada pula Ow.ly yang menjadi bagian dari HootSuit, jasa manajemen dari sosial media. Melalui tools ini, kamu bisa mencoba gratis selama 30 hari atau mendaftar secara gratis. Bahkan, Ow.ly juga memungkinkan kamu melacak lalu lintas tautan mana yang lebih banyak diklik pengunjung. 

Cara menggunakan tools ini untuk mempersingkat tautan juga tidak jauh berbeda dengan tools lainnya, kok. Kamu hanya perlu menentukan link mana yang ingin dipendekkan, lalu ikuti instruksi yang tersedia. Sangat mudah, bukan?

Selain menggunakan lima tools di atas, cara custom link juga bisa dilakukan dengan menggunakan Vybes.id. Melalui Vybes.id, kamu bisa membuat link pakai nama yang sesuai dengan keinginan. Untuk itu, segera daftar di Vybes.id sekarang juga, gratis! Lalu, temukan berbagai informasi menarik terkait cara membuat link Instagram sendiri, cara bikin link YouTube sendiri, cara buat link WA sendiri, dan masih banyak lainnya.

[mc4wp_form id="733"]