Manfaat dan Cara Membuat Situs Web IG

Bagi kamu yang menggunakan website atau situs untuk kebutuhan branding maupun marketing baik brand atau personal, media sosial adalah sarana pendukung yang penting. Dengan media sosial, kamu bisa membantu mendatangkan traffic ke situs pribadi dan bisnis / profesional milikmu. Caranya adalah dengan menggunakan situs web IG. 

Situs web IG sendiri merupakan istilah yang merujuk pada setiap alamat situs yang ditautkan ke akun Instagram. Adanya tautan atau link tersebut akan memudahkan audiens kamu untuk menemukan situs serta mencari konten yang mereka butuhkan. Kamu juga bisa menggunakan situs web IG untuk mengarahkan pembeli ke situs e-commerce milikmu agar konsumen bisa langsung melakukan pemesanan produk/layananmu.

Contoh situs web IG yang digunakan oleh para pebisnis maupun pengguna personal berbeda-beda. Ada yang menyematkan alamat situs di kolom bio mereka, ada juga yang menuliskannya pada setiap postingan feed Instagram. Kamu juga bisa menyertakan situs web IG di Instastory sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Situs Web IG

Adanya situs web IG akan memudahkanmu untuk mempromosikan konten di luar akun Instagram milikmu. Selain untuk memberitahu followers, kamu juga akan memudahkan mereka mengakses konten tersebut dengan menyediakannya langsung di kolom bio profil, story atau feed Instagram. Dengan begitu, mereka tidak perlu repot mencari sendiri. 

Beberapa manfaat mencantumkan situs web IG antara lain adalah:

  • Meningkatkan traffic ke situs pribadi milikmu.
  • Mengarahkan audiens ke konten yang baru kamu buat.
  • Mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian.

Banyak kreator konten menjadikan postingan, story, dan feed Instagram mereka sebagai teaser untuk konten yang akan mereka luncurkan. Untuk dapat mengakses secara penuh konten tersebut, audiens perlu masuk ke situs atau akun sosial media lain milik sang kreator (misalnya, ke YouTube atau Blogspot). Adanya situs web IG menjadi sarana bagi kreator untuk mengajak audiens mengunjunginya dan menikmati konten secara full (bukan lagi teaser).

Cara Membuat Situs Web IG di Profile Bisnis / Professional Account

Cara membuat atau mengisi situs web Instagram pada professional account sangat mudah. Kamu bisa memilih untuk menyematkannya para profil (dikenal dengan istilah link bio), story, dan feed. Adapun langkah-langkahnya adalah:

Download Instagram

Langkah pertama untuk membuat situs web IG pada akun profesional adalah dengan mengunduh aplikasi Instagram di App Store atau di Google Play Store. Lakukan instalasi di perangkat dan buat akun atau login ke Instagram. Setelah kamu masuk, kamu baru bisa menambahkan situs website ke profile Instagram-mu.

Membuat Situs Web di Profil Instagram Akun Personal

Berukut ini adalah cara menampilkan situs web pada bagian profil Instagram personal:

  • Buka profil Instagram-mu.
  • Pilih bagian “Edit Profi”
  • Lalu masukkan tautan atau alamat website pada bagian “Add Link” / “Tambah Tautan”.
  • Apabila sudah selesai, pilih tombol ceklis dan proses penambahan alamat website sudah selesai dilakukan.

Membuat Situs Web di Profil Instagram Professional Account

Jika kamu ingin menampilkan situs web pada bagian profil Instagram, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka profil Professional Account Instagram-mu.
  • Pilih bagian “Edit Profile” lalu masukkan tautan atau alamat situs yang diinginkan.
  • Apabila sudah selesai, pilih tombol ceklis dan proses penambahan alamat situs sudah selesai dilakukan.

Jika kamu memiliki beberapa link yang ingin ditampilkan, cara mengisi situs web di Instagram sedikit berbeda. Pertama-tama, kamu harus menggabungkan semua link yang ada menjadi satu link tunggal dengan menggunakan link aggregator. Setelah mendapatkannya, link itu bisa kamu masukkan ke bagian profil agar dapat di-klik oleh audiens atau followers-mu.

Link Situs Website di Insta Story

Berbeda dengan tautan situs pada profil, untuk dapat memasukkan link ke Instastory, kamu harus memiliki setidaknya 10.000 followers. Jika kurang, kamu belum bisa melakukannya.

Untuk menambahkan link di story Instagram, caranya cukup mudah. Kamu tinggal menyertakannya ketika kamu akan membuat IG story

Situs web yang bisa kamu link di IG story bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhanmu. Bisa berupa blog pribadi, bisa juga tautan ke toko online atau konten yang baru kamu unggah di akun YouTube milikmu.

Membuat Situs Web di Feed Instagram

Selain pada bagian profil dan story akun Instagram, kamu juga dapat menambahkan link website tertentu ke postingan feed. Jika kamu sudah lama menggunakan Instagram, kamu tentu tahu bahwa sosial media satu ini masih belum memungkinkan penggunanya memasukkan tautan yang bisa di-klik pada bagian caption feed.

Untuk bisa melakukannya, kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah dengan menggunakan url shortener atau penyingkat alamat tautan seperti Bitly.com. Dengan aplikasi ini, tautan yang akan kamu masukkan bisa dipersingkat agar mudah diingat oleh orang yang ingin mengaksesnya.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu cukup menambahkan tautan yang sudah dipersingkat ke caption postingan feed-mu. Nantinya, followers-mu tinggal mengetikkan ulang url tersebut ke tab browser mereka untuk mengaksesnya. Tidak hanya memudahkan followers, ini juga akan memudahkanmu menemukan link itu kembali jika dibutuhkan nanti.

Itulah beberapa cara memasukkan situs web IG yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Ingin memaksimalkan link lewat akun Instagram? Vybes.id bisa menjadi tempatmu melakukannya. Daftar sekarang juga di Vybes.id, gratis!

[mc4wp_form id="733"]