Tips Bikin Bio IG Keren untuk Impresi yang Baik

Sumber : Id Legal

Menurut riset, dalam 7 detik setelah pertemuan pertama, orang akan memiliki impresi yang solid tentang seperti apa dirimu. Secara online, waktu yang dibutuhkan mungkin lebih singkat dari itu. Jika kamu memiliki bisnis dari media sosial seperti Instagram, penting untuk membuat impresi yang baik lewat bio IG keren.

Kamu mungkin sudah pernah melihat bagaimana bio IG singkat bisa membuatmu tergelitik membacanya. Atau bagaimana profil IG aesthetic membuat orang betah berlama-lama melihatnya. Jika kamu sedang mencari cara untuk membuat bio IG keren yang menarik perhatian, beberapa tips berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi!

Sumber : Detik

Optimasi Display Name Kamu

Langkah pertama membuat bio IG yang keren adalah memastikan display name kamu dioptimalkan dengan nama atau kata kunci yang bisa dicari oleh audiens-mu. Misalnya, jika kamu bekerja di bidang kesehatan, masukkan nama beserta dengan jabatanmu. Atau jika kamu selama ini aktif di bidang SEO dan digital marketing, masukkan keterangan tersebut di dalam display name-mu. 

Contohnya: “Budi Andrean – Praktisi Kesehatan Holistik” dan lain sebagainya. Dengan cara ini, ketika orang mencari akunmu di Instagram, mereka bisa dengan mudah menemukan akun yang benar.

Fokuskan Skill dan Target Audiens

Jika kamu sedang mempertimbangkan kata-kata untuk bio IG yang bisa bermanfaat untuk bisnismu, pastikan untuk memasukkan keterangan tentang apa yang dilakukan oleh bisnismu dan siapa target audiens-mu.

Misalnya, kamu adalah penyedia jasa layanan dekorasi venue pernikahan. Selain menuliskan namamu, tuliskan juga jasa apa yang kamu tawarkan misalnya, “Dekorasi minimalis dan estetik untuk pernikahan dan acara tunangan”. Pastikan dengan membaca keterangan itu, audiens mendapatkan gambaran mengenai produk seperti apa yang akan mereka dapatkan.

Gunakan Keyword yang Relevan

SEO atau Search Engine Optimization juga berlaku pada halaman Instagram. Jika kamu ingin meningkatkan peluang pencarian akunmu di Google, kamu bisa menggunakan kata kunci atau keyword yang relevan dengan dirimu dan audiens-mu. Ini mungkin sedikit sulit mengingat karakter yang disediakan hanya sedikit.

Ketika memutuskan kata kunci apa yang ingin dimasukkan, coba pikirkan tentang ketertarikan dan core value yang dimiliki bisnismu. Misalnya, kamu memiliki toko sayuran organik. Kata kunci seperti “sayur segar berkualitas” atau “sayur segar organik bernutrisi tinggi” dapat jadi pilihan untuk disertakan dalam bio IG bisnismu.

Kamu juga bisa menciptakan persona atau followers idealmu sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu merancang pola komunikasi yang lebih tepat dan terarah. Apa kira-kira yang akan membuat followers-mu tertarik pada akun dan kontenmu? Kata kunci apa kira-kira yang menggambarkan hal tersebut.

Menggunakan kata kunci yang menargetkan audiens-mu secara tepat akan membantu para pengguna untuk memahami siapa dirimu, apa yang kamu tawarkan, dan apakah akunmu memang relevan untuk mereka atau tidak.

Tambahkan Informasi Kontak

Dengan akun Instagram bisnis, kamu bisa memasukkan informasi kontak ke dalam bio milikmu. Informasi ini bisa mencakup alamat email, nomor telepon, hingga toko atau kantor fisikmu. Keunggulan memanfaatkan bagian ini adalah tidak ada batasan karakter yang bisa kamu gunakan.

Manfaat menaruh informasi kontak pada bio Instagram adalah membuat impresi bahwa brand-mu mudah dijangkau, bahkan dapat dikunjungi secara langsung. Ini juga akan memudahkan calon konsumen yang ingin datang langsung ke toko untuk menemukan alamatmu.

Buat Bio dengan Cara yang Kreatif

Membuat bio IG yang keren tentu saja tidak hanya tentang menyampaikan siapa dirimu dan apa yang kamu lakukan. Ini juga tentang bagaimana cara kamu menunjukkan diri dan personality-mu pada orang-orang dengan cara yang menyenangkan. Ada beberapa cara kreatif untuk membuat bio antara lain:

  • Gunakan emoji. Salah satu cara untuk memisahkan satu kata dengan kata lainnya di bio kamu adalah dengan memanfaatkan emoji. Pilihlah emoji yang paling merepresentasikan diri atau brand kamu.
  • Gunakan hashtag tertentu. Hashtag atau tanda pagar merupakan salah satu cara agar pengguna mudah menemukan konten yang relevan dengan tagar tersebut. Kalau kamu sedang menyelenggarakan promosi atau brand kamu sudah memiliki hashtag khusus yang jadi ciri khas, kamu bisa menyertakannya pada bio.

Tingkatkan Traffic dengan Link di Bio

Tautan atau link di bio Instagram mudah ditemukan dan dapat di-klik. Ini membuatnya menjadi salah satu penggerak traffic yang paling ampuh pada halaman profil Instagram kamu. Dengan menempatkan link bio, kamu bisa menghasilkan lebih banyak pelanggan dan pengguna yang dapat terlibat dengan bisnis kamu. 

Kabar baiknya, saat ini kamu bisa mengoptimalisasi link yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan untuk bisa mendapatkan uang bersama Vybes.id. Daftarkan diri sekarang juga di Vybes.id, gratis!

[mc4wp_form id="733"]