Cara Menjaga Motivasi dan Konsistensi sebagai Konten Kreator

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id

Cara Menjaga Motivasi dan Konsistensi sebagai Konten Kreator

Apakah kalian merasa kurang semangat, bosan membuat konten yang sama atau kehabisan ide untuk membuat konten?

 

Kalian beruntung loh, karena kami bisa bantu!

Apa Penyebab kurangnya Motivasi?

Untuk mengatasi masalah ini, kalian harus bertanya pada diri sendiri “mengapa aku tiba-tiba merasa tidak termotivasi?”. Nah ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rasa kurangnya motivasi sebagai content creator seperti:

  • Strategi yang tidak memuaskan
  • Tidak mempunyai content planning
  • Konten kamu tidak masuk tren
  • Kamu bosan membuat konten yang sama setiap hari

Tenang aja karena ada beberapa tips yang akan membantu kamu merasa terinspirasi lagi!

 

Bagaimana caranya agar kita tetap menjaga motivasi dan konsistensi sehingga terus produktif?

1. Ingat bahwa kegagalan itu normal dan selalu ada ruang untuk perbaikan!

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id


Content creators terkadang lupa bahwa mereka adalah manusia dan selalu menekan diri sendiri yang bisa membuat mental hancur. Jika kalian sebagai content creator merasa bahwa viewers menurun adalah kegagalan itu sebenarnya wajar. Namun, kalian harus mengalami kegagalan untuk berhasil dan mencapai tujuan. Makanya, kalian tidak boleh terlalu keras kepada diri sendiri dan pikirlah mengapa kalian menikmati menjadi content creator sebagai motivasi untuk bereksperimen dengan hal-hal lain seperti membuat konten baru yang kalian suka. 


2. Bereksperimenlah dengan konten baru

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id


Sebagian besar content creator merasa takut untuk membuat konten baru yang tidak berkaitan dengan konten yang biasanya mereka buat sehari-hari. Saran aku adalah – GO FOR IT! Mencobe ide-ide baru adalah cara terbaik untuk membuat konten kalian lebih menarik. Namun kalian tidak perlu mencoba semuanya dan memasukan semua ide sebelum mengetahui bahwa kemungkinannya kecil untuk berhasil. Kuncinya adalah untuk memulai dari ide kecil dan jika penonton kalian senang dengan konten baru kalian, teruskanlah and bikin ide lebih luas lagi. Jika gagal maka kalian selalu dapat mencoba lagi!


3. Fokus pada tujuan

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id

 

Jika kalian membuat konten sebagai bisnis, membuat konten kalian menjadi bermakna. Oleh karena itu, kalian harus menetapkan dan ingat tujuan kalian. Pertama, kalian harus membuat content planning karena untuk membuat content planning akan menghemat waktu lebih banyak dan mudah melihat kemajuan masing-masing. Dengan membuat content planning, kalian akan mempunyai arah dan tujuan yang jelas dan menjadi konsisten dalam pembuatan konten.


4. Lihatlah jenis konten trending yang disukai orang

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id


Biasanya, orang-orang membuat konten yang sama setiap ada tren baru. Contohnya adalah Rare Beauty blush yang tampaknya membuat semua orang kagum dengan pigmennya. Ini bahkan dapat membantu kalian untuk merasa terinspirasi dan membuat konten kalian sendiri yang terkait dengan tren terkini sehingga orang ingin tahu pendapat kamu tentang: apakah produk berkualitas baik, layak dibeli, atau pemikiran jujur lainnya. Ini membawa lebih banyak keaslian, kejujuran, dan kenikmatan dalam konten kalian. Itulah sebabnya kalian harus mencoba bereksperimen dengan konten yang lagi trending karena dapat membantu kalian menikmati proses pembuatan konten dan bahkan meningkatkan audiens.


5. Istirahat!

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id


Kalau kalian merasa lelah untuk cari inspirasi baru, kalian bisa istirahat membuat konten. Ketika kalian mengambil break, ini adalah cara yang lebih baik untuk menyegarkan diri dan menciptakan ide-ide kreatif yang baru dan unik. Terkadang kita harus istirahat untuk mendapatkan inspirasi melalui melihat konten baru, mendukung content creator yang kalian dapat ajak berkolaborasi kedepannya dan melihat tipe-tipe konten lainnya. Ini akan membantu kalian untuk menurunkan stress dan memberi ruangan untuk kreatifitas yang bisa kamu taruh di “to-do-list” kalian setelah kalian berencana untuk membuat konten lagi.


6. Berinteraksi dengan audiesmu

Link in Bio dan mini website untuk Instagram, Tiktok, dan Social Media Lain | Vybes.id


Jika kamu kekurangan inspirasi dan motivasi, kamu bisa langsung tanya kepada audiens kamu tentang jenis konten yang mereka ingin lihat, jadi kalian dapat membuat konten yang menjaminkan banyak audiens yang akan tertarik. Menanggapi audiens kalian akan membuka percakapan dan membantu kalian untuk memahami apa yang disukai oleh mereka. Kalian juga dapat menambahkan tautan di alat bio seperti Vybes.id ke bio media sosial kalian loh! Dengan link in bio, akan mempermudah untuk mengarahkan followers kalian ke setiap platform yang kalian ingin mereka lihat.


Yuk Lakuin!

Nah, 6 langkah inilah akan menjadi kunci untuk menjadi lebih konsisten dengan kreasi konten kalian karena konsistensi adalah bagian besar di kesuksesan. Tapi, jika kamu merasa tidak konsisten, tidak apa-apa kok untuk beristirahat karena masih bisa mencari inspirasi lain untuk kalian motivasi membuat ide konten yang lebih unik dan menarik. Kuncinya adalah untuk percaya diri dengan konten yang kalian bikin karena kamu harus bangga dengan waktu, usahamu dan kerja kerasmu untuk membuat konten yang berkualitas dan menghibur!

 

Jika kalian butuh bantuan untuk membangun portfolio, kamu bisa cek article berikut ini: Cara Membangun Portfolio untuk Boost Karir Kreator kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Vybes | ONE LINK TO EMPOWER YOU

Jadi versi terbaik kamu dengan link in bio yang dapat kamu atur sesukamu dan berbagai cara untuk menghasilkan uang

Follow Us

Artikel Lainnya

Join di Komunitas Vybes Yuk!  

*ada banyak promo dan Informasi menarik Lho!

en_USEnglish